Apakah Uang yang Hilang di ATM Bisa Kembali?

Dengan semakin berkembangnya teknologi dan dunia perbankan, maka akan selalu ada masalah yang mengikutinya. Sebut saja sebuah situasi yang paling ditakuti para nasabah bank, yaitu raibnya nominal tabungan kita sekalipun tak diambil atau melakukan transaksi apapun.

Ada banyak sekali kejadian dengan penyebab yang mendasarinya, dimulai dari sistem yang error, bobolnya password, kloning kartu ATM, hingga skimming.

Untungnya, kita tak perlu panik saat kejadian tersebut terjadi pada kita. Pasalnya, menurut seorang pakar digital forensik bernama Ruby Alamsyah mengatakan bahwa dana yang hilang tersebut akan segera diganti oleh bank jika kita memang terbukti menjadi korban skimming.

Sementara kesalahan sistem yang error biasanya terjadi hanya sementara waktu saja, atau selama masa maintenance berlangsung.

Ada pula kegagalan saat penarikan uang, yang mana nominal saldo di bank sudah berkurang akan tetapi uang tidak kunjung keluar dari mesin ATM. Untuk kegagalan seperti ini, maka dana kamu akan kembali utuh dalam kurun waktu minimal 1 jam saja.

Namun jika kamu merasa menjadi korban skimming, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menghubungi call center dari masing-masing intansi perbankan tempat kamu menabung.

Silahkan ceritakan segala macam kronologis yang terjadi dan kemudian minta pertanggung jawaban kepada mereka.

Jika misalnya 20 hari sudah berlalu semenjak hari pelaporan dan pihak bank nampak tak memiliki itikad baik untuk membantu atau bahkan mengganti dana kamu sama sekali, maka segera laporkan ke pihak Bank Indonesia.

Jadi, apakah uang yang hilang di ATM bisa kembali? Jawabannya tergantung dari kasus yang tengah kamu hadapi saat ini. Biasanya skimming akan mendapatkan gantinya karena menjadi keteledoran dari sistem ATM itu sendiri, bukan dari sisi nasabah.

Lain lagi ceritanya jika ATM kamu yang hilang, maka ada beberapa langkah yang harus segera dilakukan, yaitu:

  • Hubungi CS bank tempat kamu menabung dan mintalah untuk menonaktifkan kartu kamu tersebut
  • Minta surat kehilangan dari pihak kepolisian
  • Kunjungi Bank secara langsung untuk mendapatkan kartu ATM yang baru.

Opsi tambahan adalah dengan mentransfer semua dana kamu ke rekening bank lain demi mencegah hal-hal yang tak diinginkan, karena biasanya pihak bank tak akan mengganti dana yang hilang akibat keteledoran dari nasabah itu sendiri.

Untuk itulah, disarankan setiap orang memegang 2 tabungan di tempat yang berbeda untuk berjaga-jaga.