Bahan Baku Furniture Jepara

Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak kamu yang ingin mengetahui tentang bahan baku furniture jepara menggunakan jenis kayu apa saja. Sehingga kamu bisa membedakan kualitas dan daya tahan dari toko furniture jepara berdasarkan jenis kayu yang digunakan.

Jenis-Jenis Bahan Baku Furniture Jepara

Berikut ini akan kami jelaskan secara ringkas tentang 2 jenis bahan baku furniture jepara yang umum digunakan oleh pengrajin mebel jepara.

  1. Kayu Solid

Bahan baku furniture jepara asli atau yang terbaik adalah yang menggunakan kayu solid. Ketika kamu membeli furniture jepara dengan kualitas kayu ini tentunya harga dari mebel tersebut akan lebih mahal, tetapi jika dibandingkan dengan kualitasnya tentunya sebanding.

Untuk jenis kayu solid yang umumnya digunakan untuk membuat furniture dari kayu jati, kayu sungkai, kayu kelapa, kayu mahoni, kayu nyatoh, dan kayu kamper. Dan dari jenis bahan baku kayu solid ini, pengrajin furniture jepara lebih sering menggunakan jenis kayu mahoni dan kayu jati.

Jika kamu memilih furniture dengan kayu solid, carilah furnitur yang pengolahannya terbaik dengan memanaskannya menggunakan oven sampai mengurangi kadar air di dalam kayu dengan sangat baik. Dengan pemanasan yang terbaik ini akan membuat kayu tidak mudah pecah dan lebih kokoh.

Untuk jenis kayu ini juga memiliki daya tahan yang sangat bagus bisa sampai 18 tahun sampai 20 tahun tergantung dari perawatan dan cuaca. Dengan jenis kayu solid ini furnitur yang kamu miliki juga akan lebih tahan air dan anti rayap.

  1. Kayu Olahan

Untuk pilihan bahan yang kedua, ada furniture jepara dengan harga lebih murah karena menggunakan jenis kayu olahan. Untuk mengenali jenis kayu olahan ini, kita bisa lihat dari serat kayunya. Umumnya jenis kayu olahan akan memiliki bentuk berlapis seperti multipleks plywood atau serbuk kayu.

Untuk daya tahannya tentunya furniture jepara dengan bahan kayu olahan akan lebih rendah dibandingkan yang menggunakan jenis kayu solid. Untuk daya tahannya diperkirakan bisa bertahan lebih dari 10 tahun penggunaan dan masih tergantung perawatan dan cuaca.