Hal yang Harus Dilakukan Untuk Cara Mengatasi Balita Susah Makan

Hal yang Harus Dilakukan Untuk Cara Mengatasi Balita Susah Makan

Balita susah makan ada banyak penyebabnya. Mungkin ada bagian di dalam mulut mereka yang sakit, menu yang membosankan, atau bahkan ada gangguan kesehatan tertentu yang jadi pemicunya. Orang tua harus senantiasa mengecek dan mencari cara mengatasi balita susah makan ini.

Memang bukan hal yang mudah ketika anak sudah tidak nafsu dengan makanan mereka. Kebutuhan nutrisinya akan berkurang dan berakibat pada pertumbuhan juga kecerdasan otaknya. Ayah dan ibu harus berusaha sebisa mungkin mengatasi keadaan ini dengan melakukan berbagai cara seperti berikut ini!

1. Memberikan Menu Favoritnya

Si kecil tentu saja memiliki menu favorit yang suka mereka makan. Ini bisa jadi pemancing supaya ia mau makan. Buatlah menu makanan favoritnya, bisa juga ditambahkan beberapa menu kreatif lain supaya si kecil semakin bersemangat.

2. Sajikan dengan Tampilan yang Lucu

Menyajikan makanan untuk si buah hati kadang harus sangat rumit, misalnya dengan membentuk menu menjadi sesuatu yang lucu. Contohnya saja seperti bentuk monster, hewan atau apapun yang sekiranya menarik. Ini bisa membuat mereka senang tiap kali waktu makan tiba karena penasaran dengan kreasi apa saja yang Anda buat.

3. Berikan Apresiasi

Makanannya sudah habis, itu artinya Anda harus memberikan apresiasi agar anak tahu bahwa itu hal yang baik. Tapi jangan memberi apresiasi dengan jajanan tidak sehat ataupun barang-barang. Cukup dengan berikan pelukan, kalimat pujian yang tidak berlebihan agar si kecil bahagia.

4. Berikan Porsi Kecil

Porsi banyak memang bikin kenyang, tapi pastinya ini membuat anak tidak nyaman. Jadi, sebaiknya berikan porsi yang kecil saja, tapi dalam jangka waktu yang sering. Sehingga kebutuhan gizi anak tetap tercukupi meskipun makannya sedikit.

5. Hindari Keseringan Minum

Keseringan minum yang dimaksud di sini tentu saja pada saat dia sedang makan. Karena ini dapat membuatnya merasa kenyang sebelum makanan habis. Jika tak ada kendala khusus seperti cegukan atau tersedak, sebaiknya berikan anak minum sebelum makan dan sesudah makan.

6. Konsisten Pada Jadwal

Mengatur kapan waktunya makan dan waktunya camilan sangat penting, agar anak terbiasa dengan hal tersebut dan ketika waktunya tiba mereka akan merasa lapar dengan sendirinya. Ini penerapannya harus konsisten, supaya mereka terbiasa dan jam makannya tidak berantakan yang kadang membuat mereka enggan.

7. Ajak Makan Bersama

Terakhir, ini juga bisa jadi salah satu cara atasi anak yang susah makan. Di mana mengajaknya makan bersama dan memberinya contoh merupakan suatu hal yang menyenangkan. Berikan ia sendok dan piring sendiri, tunjukkan padanya cara makan yang benar supaya si kecil bisa meniru dengan baik.

Demikian beberapa cara mengatasi balita susah makan yang bisa dilakukan di rumah. Ajak orang sekitar untuk mengikuti aturan yang Anda terapkan agar si anak tidak bingung.