masalah ejakulasi faktor penyebab dan cara mengatasinya

Masalah Ejakulasi, Faktor Penyebab dan Cara Mengatasinya

Secara umum terdapat 3 jenis utama masalah ejakulasi, ini merupakan problem terhadap fungsi seksual yang umum terjadi pada pria. 3 jenis masalah ejakulasi tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  • Ejakulasi dini
  • Ejakulasi tertunda
  • Ejakulasi mundur

Jika Anda memiliki permasalahan seksual dimana anda mengalami gangguan ejakulasi secara terus-menerus, maka segaralah kunjungi dokter untuk berkonsultasi, lakukan pemeriksaan dan mendiskusikan masalah tersebut dengan Anda, dengan cara ini dokter mungkin akan memeriksa Anda lebih lanjut atau merujuk Anda ke dokter spesialis lainnya untuk menyelesaikan permasalahan ini.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa ejakulasi dini adalah suatu masalah ejakulasi yang paling sering dijumpai pada pria. Dimana mereka ejakulasi terlalu cepat saat berhubungan seksual. Sebuah penelitian yang mengamati 500 pasangan dari 5 negara berbeda menemukan bahwa rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk ejakulasi selama hubungan seksual adalah sekitar 5 setengah menit.

masalah ejakulasi faktor penyebab dan cara mengatasinya

Namun, terserah pada masing-masing pasangan untuk memutuskan apakah mereka senang dengan waktu yang dibutuhkan – tidak ada definisi berapa lama hubungan seks harus berlangsung.  Sebenarnya secara normal ejakulasi dini ini sesekali pasti terjadi pada pria selama hidupnya dan sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan.

Namun, jika setiap kali melakukan hubungan seksual Anda menghasilkan ejakulasi dini, mungkin perlu cara mengobati ejakulasi dini yang tepat dengan melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Penyebab ejakulasi dini tentu saja bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk diantaranya faktor psikologis dan fisik, kedua faktor ini dapat menyebabkan seorang pria tiba-tiba mengalami ejakulasi dini. Adapun penyebab secara fisik yang sering menimpulkan ejakulasi dini antara lain adalah sebagai berikut:

  • Gangguan fungsi kelenjar prostat
  • Gangguan fungsi kelenjar tiroid
  • Penyalahgunaan narkoba

Faktor penyebab ejakulasi dini secara psikologis yang umum terjadi meliputi:

  • Depresi – merasa tertekan terhadap hubungan seksual yang dijalani yang pada akhirnya menimbulkan masalah kecemasan tentang kinerja seksual.
  • Pengkondisian – ada kemungkinan pengalaman seksual awal dapat mempengaruhi perilaku seksual di masa depan. Misalnya, jika seorang pria biasa mengkondisikan dirinya untuk (masturbasi) ejakulasi dengan cepat agar tidak ketahuan, mungkin nantinya akan sulit untuk menghentikan kebiasaan tersebut.
  • Pengalaman seksual yang traumatis sejak masa kanak-kanak – ini dapat berkisar dari tertangkap basah melakukan masturbasi hingga pelecehan seksual
  • Alasan biologis – beberapa pria mungkin merasa memilkik penis yang ekstra sensitif sehingga sulit untuk mengontrol atau mempertahankan ejakulasi sesuai dengan keinginannya.

 

Jenis Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh Anak Usia 2 Hingga 5 Tahun

Jenis Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh Anak Usia 2 Hingga 5 Tahun

Jenis Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh Anak Usia 2 Hingga 5 TahunUsia 2 hingga 5 tahun pada anak merupakan tahapan golden age di mana pertumbuhan mereka cenderung sangat tinggi. Oleh karenanya, memberikan vitamin untuk daya tahan tubuh anak adalah hal yang penting agar tidak ada hambatan dan masalah pada pertumbuhan anak tersebut.

Berbincang tentang vitamin pada anak, ada beragam jenis vitamin yang sebaiknya diberikan. Tentu, dengan aneka vitamin tersebut, selain perkembangan yang lebih baik, kesehatan anak pun akan cenderung lebih baik.

Lantas, apa saja jenis vitamin yang disarankan untuk diberikan pada anak usia 2 hingga 5 tahun agar perkembangan mereka terjaga? Simak ulasannya!

Ragam Jenis Vitamin Untuk Data Tahan Tubuh Anak

Sebagaimana disinggung di awal, ada peran penting vitamin untuk pertumbuhan dan perkembangan anak terutama di masa golden age mereka. Nah, adapun beberapa jenis vitamin yang diperlukan anak usia 2 hingga 5 tahun agar kesehatan mereka terjaga diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Vitamin yang larut air

Salah satu jenis vitamin yang diperlukan untuk anak usia 2 hingga 5 tahun adalah vitamin yang larut air. Jenis vitamin ini cenderung lebih mudah untuk diproses di dalam tubuh dan akan langsung memperkuat sistem pertahanan tubuh.

Jenis vitamin yang masuk kelompok vitamin larut air adalah vitamin B dan C. Adapun makanan yang mengandung banyak vitamin B dan disarankan untuk diberikan adalah:

  • Ikan dan makanan laut
  • Telur
  • Daging
  • Susu
  • Sayuran dengan daun hijau
  • Aneka kacang-kacangan

Sedangkan makanan sebagai sumber vitamin C yang penting untuk diberikan pada anak diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Jeruk dan lemon
  • Strawberry
  • Tomat
  • Sawi
  • Kiwi
  • Brokoli

Beragam makanan di atas bisa menjadi sumber vitamin yang tepat. Anda hanya perlu mengatur porsi ketika hendak memberikannya.

  • Vitamin larut lemak

Jenis vitamin untuk daya tahan tubuh anak lain yang sangat penting adalah vitamin larut lemak. Jenis vitamin yang termasuk larut pada lemak adalah vitamin A, D, E dan K. Sistem kerja dari vitamin ini adalah setelah masuk ke dalam pencernaan, aneka vitamin tersebut akan masuk ke sistem limfatik dan kemudian mengalir pada darah.

Ada cukup banyak makanan yang memiliki kandungan beragam vitamin tersebut. Beberapa makanan yang menjadi sumber vitamin A, D, E dan K untuk diberikan pada anak Anda diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Buah dan sayuran dengan warna orange
  • Susu
  • Sayuran dengan warna hijau
  • Ikan
  • Kuning telur
  • Hati sapi atau hati ayam
  • Cereal
  • Gandum
  • Dan lainnya

Dari poin di atas, ada cukup banyak makanan sumber vitamin larut lemak yang bisa dijadikan opsi. Hanya saja, Anda perlu memilih sumber makanan yang tepat untuk menghindari risiko alergi.

Nah, beberapa hal di atas adalah ragam vitamin untuk daya tahan tubuh anak yang penting untuk diberikan. Dengan vitamin yang diberikan tersebut, kesehatan anak Anda dan perkembangannya pun tentu akan cenderung lebih terjaga.

gambar unggulan

Cara Menurunkan Berat Badan Terbaik 2021

Kami hanya tidak merasa kenyang dengan kalori cair dengan cara yang sama seperti yang kami lakukan pada makanan asli. Minum jus atau minuman kopi karamel tidak memuaskan seperti makan semangkuk tumis sayuran dan protein. Jadi, pantau asupan jus, soda, kopi dan teh manis, serta minuman beralkohol Anda. Jika Anda mengonsumsi masing-masing minuman itu di siang hari, Anda akan mengonsumsi setidaknya 800 kalori ekstra pada malam hari — dan Anda masih akan lapar. (Kebetulan, alkohol dapat menekan metabolisme lemak, membuatnya lebih sulit bagi Anda untuk membakar kalori tersebut.)

Latihan Ringan – Cara Menurunkan Berat Badan

Latihan kekuatan membangun jaringan otot tanpa lemak, yang membakar lebih banyak kalori — di tempat kerja atau saat istirahat — 24 jam sehari, tujuh hari seminggu. Semakin banyak otot tanpa lemak yang Anda miliki, semakin cepat Anda akan langsing.

Bagaimana cara memulai latihan kekuatan? Cobalah beberapa push-up atau beberapa squat atau lunge. Gunakan beban bebas Anda untuk melakukan ikal bisep sederhana atau ekstensi trisep langsung di rumah atau kantor Anda. Campurkan beberapa gerakan perut, lengan, punggung, dan kaki baru jika Anda suka. Latihan kekuatan hanya tiga sampai empat kali per minggu dapat menyebabkan peningkatan cepat tidak hanya dalam penurunan berat badan, tetapi juga rentang gerak, stabilitas, dan postur.

Makan makanan pedas

Ini benar-benar dapat membantu Anda mengurangi kalori. Itu karena capsaicin, senyawa yang ditemukan dalam jalapeo dan cabai rawit, dapat (sedikit) meningkatkan pelepasan hormon stres tubuh Anda seperti adrenalin, yang dapat mempercepat kemampuan Anda untuk membakar kalori. Terlebih lagi, makan cabai dapat membantu Anda makan lebih lambat dan menghindari makan berlebihan. Anda lebih cenderung untuk lebih memperhatikan saat Anda kenyang. Beberapa pilihan bagus selain cabai: jahe dan kunyit.

Pergi tidur lebih awal.

Ada banyak penelitian yang menunjukkan mendapatkan kurang dari jumlah yang diinginkan — sekitar tujuh jam — dari tidur per malam dapat memperlambat metabolisme Anda. Plus, ketika Anda bangun lebih lama, Anda secara alami lebih cenderung mengemil kudapan tengah malam. Jadi jangan berhemat pada jam tidur Anda, dan Anda akan dihargai dengan keunggulan ekstra dalam hal menurunkan berat badan.

Buat jurnal makanan.

Orang-orang yang mencatat semua yang mereka makan – terutama mereka yang mencatat saat mereka sedang makan – lebih mungkin untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya untuk jangka panjang, studi secara konsisten menunjukkan. Kebiasaan itu juga memakan waktu rata-rata kurang dari 15 menit per hari bila Anda melakukannya secara teratur, menurut sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan di Obesity.

Mulai lacak di aplikasi seperti MyFitnessPal atau gunakan buku catatan biasa. Ini akan membantu Anda tetap bertanggung jawab atas apa yang telah Anda makan. Plus, Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi area yang dapat menggunakan sedikit peningkatan saat ditulis di depan Anda.

Jalan Kaki

Berolahraga kapan saja baik untuk Anda, tetapi aktivitas malam hari mungkin sangat bermanfaat karena metabolisme banyak orang melambat menjelang penghujung hari. Tiga puluh menit aktivitas aerobik sebelum makan malam meningkatkan tingkat metabolisme Anda dan mungkin tetap tinggi selama dua atau tiga jam, bahkan setelah Anda berhenti bergerak. Plus, itu akan membantu Anda bersantai setelah makan sehingga Anda tidak akan tergoda oleh penggembalaan yang disebabkan oleh stres yang dapat menambah kalori.

Jangan Melewatkan Jam Makan

Melewatkan makan tidak akan membuat Anda menurunkan berat badan lebih cepat. Jika hari yang sibuk membuat makan sambil duduk menjadi tidak mungkin, simpan sepotong buah dan sebungkus mentega kacang di mobil atau tas Anda dan simpan makanan ringan di laci meja Anda – apa pun yang akan membuat Anda tidak kelaparan!