Masalah Ejakulasi, Faktor Penyebab dan Cara Mengatasinya

Secara umum terdapat 3 jenis utama masalah ejakulasi, ini merupakan problem terhadap fungsi seksual yang umum terjadi pada pria. 3 jenis masalah ejakulasi tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  • Ejakulasi dini
  • Ejakulasi tertunda
  • Ejakulasi mundur

Jika Anda memiliki permasalahan seksual dimana anda mengalami gangguan ejakulasi secara terus-menerus, maka segaralah kunjungi dokter untuk berkonsultasi, lakukan pemeriksaan dan mendiskusikan masalah tersebut dengan Anda, dengan cara ini dokter mungkin akan memeriksa Anda lebih lanjut atau merujuk Anda ke dokter spesialis lainnya untuk menyelesaikan permasalahan ini.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa ejakulasi dini adalah suatu masalah ejakulasi yang paling sering dijumpai pada pria. Dimana mereka ejakulasi terlalu cepat saat berhubungan seksual. Sebuah penelitian yang mengamati 500 pasangan dari 5 negara berbeda menemukan bahwa rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk ejakulasi selama hubungan seksual adalah sekitar 5 setengah menit.

masalah ejakulasi faktor penyebab dan cara mengatasinya

Namun, terserah pada masing-masing pasangan untuk memutuskan apakah mereka senang dengan waktu yang dibutuhkan – tidak ada definisi berapa lama hubungan seks harus berlangsung.  Sebenarnya secara normal ejakulasi dini ini sesekali pasti terjadi pada pria selama hidupnya dan sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan.

Namun, jika setiap kali melakukan hubungan seksual Anda menghasilkan ejakulasi dini, mungkin perlu cara mengobati ejakulasi dini yang tepat dengan melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Penyebab ejakulasi dini tentu saja bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk diantaranya faktor psikologis dan fisik, kedua faktor ini dapat menyebabkan seorang pria tiba-tiba mengalami ejakulasi dini. Adapun penyebab secara fisik yang sering menimpulkan ejakulasi dini antara lain adalah sebagai berikut:

  • Gangguan fungsi kelenjar prostat
  • Gangguan fungsi kelenjar tiroid
  • Penyalahgunaan narkoba

Faktor penyebab ejakulasi dini secara psikologis yang umum terjadi meliputi:

  • Depresi – merasa tertekan terhadap hubungan seksual yang dijalani yang pada akhirnya menimbulkan masalah kecemasan tentang kinerja seksual.
  • Pengkondisian – ada kemungkinan pengalaman seksual awal dapat mempengaruhi perilaku seksual di masa depan. Misalnya, jika seorang pria biasa mengkondisikan dirinya untuk (masturbasi) ejakulasi dengan cepat agar tidak ketahuan, mungkin nantinya akan sulit untuk menghentikan kebiasaan tersebut.
  • Pengalaman seksual yang traumatis sejak masa kanak-kanak – ini dapat berkisar dari tertangkap basah melakukan masturbasi hingga pelecehan seksual
  • Alasan biologis – beberapa pria mungkin merasa memilkik penis yang ekstra sensitif sehingga sulit untuk mengontrol atau mempertahankan ejakulasi sesuai dengan keinginannya.