Teliti Sebelum Membeli Pakan Ternak Ayam Terbaik

Terdapat beragam variasi pakan ternak dan kian lama kian banyak ragamnya. Hewan akan menghasilkan produksi yang baik apabila pakan yang diberikan adalah pakan berkualitas tinggi. Maka pakan adalah hal yang sangat penting yang harus diperhatikan oleh setiap peternak.

Jika anda hendak membeli pakan ternak di toko terdekat, jangan terlalu terburu-buru, anda harus mengetahui bagaimana memilih pakan ternak yang berkualitas.

Teliti Sebelum Membeli Pakan Ternak Terbaik

Untuk anda para peternak, berikut ini tips memilih pakan ternak terbaik dan berkualitas yang sebaiknya anda perhatikan:

Periksa Secara Fisik

Hal paling pertama kali dilakukan saat ke toko pakan ayam terdekat adalah memilih pakan ayam berkualitas dengan cara melakukan pemeriksaan secara fisik bagaimana kondisi fisik pakan tersebut. Pemeriksaan dilakukan terhadap sebagian pakan (sampel) untuk menilai seberapa baik pakan yang hendak diberikan.

pakan ternak ayam terbaik

Jika anda membeli dedak maka dedak yang berkualitas adalah dedak yang mempunyai tekstur yang halus seperti pasir dan tak ada benda asing seperti batu, kuru, dan pasir. Baunya tidak tengik dan juga tidak bercampur dengan sekam.

Pakan jagung kuning yang baik mempunyai ciri mempunyai sedikit jumlah jagung yang mati, biji pecah, dan kotoran didalamnya. Kita dapat dengan mudah menilai kualitas pakan jagung dengan melihat warnanya. Jagung yang berwarna cerah jauh lebih baik dibandingkan yang berwarna pucat apalagi berjamr.

Melakukan Analisis Proksimat

Analisis proksimat artinya adalah cara yang dilakukan untuk mengetahui kadar komposisi bahan pakan. Dengan mengetahui komposisi bahan pakan maka dapat dengan mudah diketahui kandungan nutrisi didalamnya dan kondisi pakannya. Hal ini membuat penilaian terhadap pakan jauh lebih akurat, memadai, dan objektif.

Dalam analisis proksimat yang dilihat adalah beberapa hal seperti kadar air dalam pakan. Jika kadar air dalam pakan tinggi maka nutrisi dalam pakan semakin rendah, demikian juga sebaliknya. Selain itu pakan yang terlalu tinggi kandungan airnya lebih mudah ditumbuhi jamur sehingga kualitas pakan semakin menurun.

Selain melihat kadar air, lihat jga protein kasarnya. Protein kasar menjadi patokan menentukan apakah pakan layak atau tidak untuk memenuhi kebutuhan protein ayam. Teliti sebelum membeli pakan ternak terbaik untuk usaha yang berhasil