Tips dan Cara Menyimpan Daging di Kulkas

Tips dan Cara Menyimpan Daging di Kulkas

Menyimpan daging tidak bisa langsung disimpan di dalam kulkas. Kamu harus tahu cara menyimpan daging di kulkas yang benar supaya daging tidak berbau dan bisa tahan lama.

Cara menyimpan daging yang salah mempengaruhi kualitas daging, rasa dan kualitas daging tersebut. Inilah alasan kenapa kamu harus tahu cara untuk menyimpan daging yang benar di dalam kulkas.

Ingin tahu cara menyimpan daging sapi di kulkas yang benar supaya lebihnya tahan lama, tidak mempengaruhi rasa, dan kandungan nutrisinya tetap terjaga? Jika iya, di artikel ini kami bakal membahasnya.

1. Ketahui jenis daging terlebih dahulu

Setiap jenis daging punya kualitas berbeda dan cara penyimpanan berbeda. Misalnya, daging segar yang belum diawetkan dan belum dimasak dapat bertahan 4 hingga 5 hari di refrigerator.

Serta bisa tahan hingga 6 bulan di freezer. Untuk daging segar yang belum diawetkan tapi telah dimasak dapat bertahan 3 sampai 4 hari di refrigerator  atau 3 sampai 4 bulan di freezer.

Jadi sebelum menyimpan daging sapi ke kulkas, kamu wajib tahu jenis dagingnya terlebih dahulu. Cara gampang agar tahu adalah dengan bertanya ke butcher tempat membeli daging.

Kamu tidak perlu malu karena penjual biasanya menjawab pertanyaan tersebut.

2. Jangan cuci daging sebelum dimasukkan ke kulkas

Sebenarnya, kamu nggak perlu mencuci daging sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Kenapa begitu? Karena dengan mencucinya malah meningkatkan risiko kontaminasi silang bakteri yang membuat daging jadi cepat busuk dan tidak tahan lama.

Belum lagi, bakteri di dalam daging otomatis mati saat dimasukkan ke dalam kulkas. Oleh karena itu, kamu tidak perlu mencuci daging sebelum daging tersebut disimpan di dalam kulkas..

3. Potong kecil daging agar bisa tahan lama

Tak hanya membuat daging menjadi tahan lama, memotong daging jadi beberapa porsi kecil juga akan memudahkan pemiliknya untuk mengolah dan memasak daging di kemudian hari.

Maksudnya, kamu tidak perlu mengeluarkan semua daging yang ada di dalam freezer saat ingin memasak beberapa porsi daging. Pasalnya, kamu sudah memotong daging tersebut menjadi beberapa bagian.

Memotong daging jadi bagian kecil juga menjadi langkah efektif agar meminimalisir cross-contamination bakteri. Jadi, agar nanti tidak repot saat menyimpan daging, kamu bisa memotong daging menjadi beberapa bagian kecil terlebih dahulu.

4. Bungkus daging sekencang dan serapat mungkin

Daging yang disimpan di dalam kulkas tidak mengalami freezer burn. Ini adalah efek daging alami ketika terpapar udara yang membuat daging menjadi kering dan matang ketika berada di dalam freezer.

Sebenarnya, daging yang terserang freezer burn masih dapat kamu masak dan dinikmati seperti biasa. Hanya saja kualitas dagingnya memang tidak sebagus sebelumnya.

Oleh karena itu, disarankan untuk membungkus daging sekencang dan serapat mungkin agar tidak ada udara yang masuk. Gunakan plastik khusus pembungkus makanan jika perlu.