Tips dan Cara Menyimpan Daging di Kulkas

Tips dan Cara Menyimpan Daging di Kulkas

Tips dan Cara Menyimpan Daging di Kulkas

Menyimpan daging tidak bisa langsung disimpan di dalam kulkas. Kamu harus tahu cara menyimpan daging di kulkas yang benar supaya daging tidak berbau dan bisa tahan lama.

Cara menyimpan daging yang salah mempengaruhi kualitas daging, rasa dan kualitas daging tersebut. Inilah alasan kenapa kamu harus tahu cara untuk menyimpan daging yang benar di dalam kulkas.

Ingin tahu cara menyimpan daging sapi di kulkas yang benar supaya lebihnya tahan lama, tidak mempengaruhi rasa, dan kandungan nutrisinya tetap terjaga? Jika iya, di artikel ini kami bakal membahasnya.

1. Ketahui jenis daging terlebih dahulu

Setiap jenis daging punya kualitas berbeda dan cara penyimpanan berbeda. Misalnya, daging segar yang belum diawetkan dan belum dimasak dapat bertahan 4 hingga 5 hari di refrigerator.

Serta bisa tahan hingga 6 bulan di freezer. Untuk daging segar yang belum diawetkan tapi telah dimasak dapat bertahan 3 sampai 4 hari di refrigerator  atau 3 sampai 4 bulan di freezer.

Jadi sebelum menyimpan daging sapi ke kulkas, kamu wajib tahu jenis dagingnya terlebih dahulu. Cara gampang agar tahu adalah dengan bertanya ke butcher tempat membeli daging.

Kamu tidak perlu malu karena penjual biasanya menjawab pertanyaan tersebut.

2. Jangan cuci daging sebelum dimasukkan ke kulkas

Sebenarnya, kamu nggak perlu mencuci daging sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Kenapa begitu? Karena dengan mencucinya malah meningkatkan risiko kontaminasi silang bakteri yang membuat daging jadi cepat busuk dan tidak tahan lama.

Belum lagi, bakteri di dalam daging otomatis mati saat dimasukkan ke dalam kulkas. Oleh karena itu, kamu tidak perlu mencuci daging sebelum daging tersebut disimpan di dalam kulkas..

3. Potong kecil daging agar bisa tahan lama

Tak hanya membuat daging menjadi tahan lama, memotong daging jadi beberapa porsi kecil juga akan memudahkan pemiliknya untuk mengolah dan memasak daging di kemudian hari.

Maksudnya, kamu tidak perlu mengeluarkan semua daging yang ada di dalam freezer saat ingin memasak beberapa porsi daging. Pasalnya, kamu sudah memotong daging tersebut menjadi beberapa bagian.

Memotong daging jadi bagian kecil juga menjadi langkah efektif agar meminimalisir cross-contamination bakteri. Jadi, agar nanti tidak repot saat menyimpan daging, kamu bisa memotong daging menjadi beberapa bagian kecil terlebih dahulu.

4. Bungkus daging sekencang dan serapat mungkin

Daging yang disimpan di dalam kulkas tidak mengalami freezer burn. Ini adalah efek daging alami ketika terpapar udara yang membuat daging menjadi kering dan matang ketika berada di dalam freezer.

Sebenarnya, daging yang terserang freezer burn masih dapat kamu masak dan dinikmati seperti biasa. Hanya saja kualitas dagingnya memang tidak sebagus sebelumnya.

Oleh karena itu, disarankan untuk membungkus daging sekencang dan serapat mungkin agar tidak ada udara yang masuk. Gunakan plastik khusus pembungkus makanan jika perlu.

Hal yang Harus Dilakukan Untuk Cara Mengatasi Balita Susah Makan

Hal yang Harus Dilakukan Untuk Cara Mengatasi Balita Susah Makan

Hal yang Harus Dilakukan Untuk Cara Mengatasi Balita Susah Makan

Balita susah makan ada banyak penyebabnya. Mungkin ada bagian di dalam mulut mereka yang sakit, menu yang membosankan, atau bahkan ada gangguan kesehatan tertentu yang jadi pemicunya. Orang tua harus senantiasa mengecek dan mencari cara mengatasi balita susah makan ini.

Memang bukan hal yang mudah ketika anak sudah tidak nafsu dengan makanan mereka. Kebutuhan nutrisinya akan berkurang dan berakibat pada pertumbuhan juga kecerdasan otaknya. Ayah dan ibu harus berusaha sebisa mungkin mengatasi keadaan ini dengan melakukan berbagai cara seperti berikut ini!

1. Memberikan Menu Favoritnya

Si kecil tentu saja memiliki menu favorit yang suka mereka makan. Ini bisa jadi pemancing supaya ia mau makan. Buatlah menu makanan favoritnya, bisa juga ditambahkan beberapa menu kreatif lain supaya si kecil semakin bersemangat.

2. Sajikan dengan Tampilan yang Lucu

Menyajikan makanan untuk si buah hati kadang harus sangat rumit, misalnya dengan membentuk menu menjadi sesuatu yang lucu. Contohnya saja seperti bentuk monster, hewan atau apapun yang sekiranya menarik. Ini bisa membuat mereka senang tiap kali waktu makan tiba karena penasaran dengan kreasi apa saja yang Anda buat.

3. Berikan Apresiasi

Makanannya sudah habis, itu artinya Anda harus memberikan apresiasi agar anak tahu bahwa itu hal yang baik. Tapi jangan memberi apresiasi dengan jajanan tidak sehat ataupun barang-barang. Cukup dengan berikan pelukan, kalimat pujian yang tidak berlebihan agar si kecil bahagia.

4. Berikan Porsi Kecil

Porsi banyak memang bikin kenyang, tapi pastinya ini membuat anak tidak nyaman. Jadi, sebaiknya berikan porsi yang kecil saja, tapi dalam jangka waktu yang sering. Sehingga kebutuhan gizi anak tetap tercukupi meskipun makannya sedikit.

5. Hindari Keseringan Minum

Keseringan minum yang dimaksud di sini tentu saja pada saat dia sedang makan. Karena ini dapat membuatnya merasa kenyang sebelum makanan habis. Jika tak ada kendala khusus seperti cegukan atau tersedak, sebaiknya berikan anak minum sebelum makan dan sesudah makan.

6. Konsisten Pada Jadwal

Mengatur kapan waktunya makan dan waktunya camilan sangat penting, agar anak terbiasa dengan hal tersebut dan ketika waktunya tiba mereka akan merasa lapar dengan sendirinya. Ini penerapannya harus konsisten, supaya mereka terbiasa dan jam makannya tidak berantakan yang kadang membuat mereka enggan.

7. Ajak Makan Bersama

Terakhir, ini juga bisa jadi salah satu cara atasi anak yang susah makan. Di mana mengajaknya makan bersama dan memberinya contoh merupakan suatu hal yang menyenangkan. Berikan ia sendok dan piring sendiri, tunjukkan padanya cara makan yang benar supaya si kecil bisa meniru dengan baik.

Demikian beberapa cara mengatasi balita susah makan yang bisa dilakukan di rumah. Ajak orang sekitar untuk mengikuti aturan yang Anda terapkan agar si anak tidak bingung.

Cara Membuat Cappuccino Creamy dengan Mudah

Cara Membuat Cappuccino Creamy dengan Mudah!

 

Cara Membuat Cappuccino Creamy dengan Mudah

 

Berbagai macam varian kopi kini telah tersedia di berbagai tempat atau kafe terdekat dan salah satu menu favoritnya adalah cappuccino. Cappuccino saat ini tidak hanya bisa dinikmati dengan panas tetapi juga bisa disajikan dingin dengan rasa yang lebih creamy. Ada cara membuat cappuccino creamy sendiri di rumah karena menu ini tidak terlalu sulit untuk dibuat sendiri.

Membuat Espresso

Langkah pertama dalam pembuatan cappuccino selalu dimulai dengan membuat secangkir espresso kental nan pahit terlebih dulu. Espresso biasanya dibuat menggunakan mesin espresso tetapi untuk di rumah, Anda bisa memakai mesin Aeropress yang jauh lebih murah.

Espresso kali ini perlu dibuat menggunakan bahan dasar kopi seberat 18 gram dengan air cukup 60 ml saja. Masukkan terlebih dahulu kopi halus bubuk ke dalamnya kemudian tambahkan air dan tekan hingga mengeluarkan cairan espresso.

Membuat Susu Foam

Selanjutnya setelah selesai dengan espresso, Anda perlu menyiapkan susu yang sudah berbusa atau berbentuk foam. Foam ini nantinya akan memberikan tekstur yang berbeda di kopi sehingga terasa lebih ringan dan juga mudah dinikmati.

Pembuatan foam sendiri bisa dengan susu segar ataupun susu UHT yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Terlebih dahulu panaskan sebanyak 120 ml susu hingga suhunya mencapai 90 derajat celcius, pastikan agar susu tidak pecah.

Pembuatan foam di rumah bisa menggunakan French press atau bisa dikocok manual dengan pengocok telur. Kocok dengan salah satu dari alat tersebut selama kurang lebih 1 menit hingga tercipta susu yang bertekstur lebih ringan dan lembut.

Siapkan Whipped Cream

Untuk membuat sebuah sajian cappuccino terasa lebih creamy, Anda bisa menambahkan whipped cream di atas nantinya. Whipped cream sendiri bisa dibuat atau bisa juga dibeli langsung untuk nanti dipakai dalam cappuccino.

Menyiapkan Cappuccino

Cappuccino jenis ini biasanya disajikan dengan dingin sehingga cocok untuk dinikmati di siang hari saat cuaca terik. Tidak perlu teknik mencampur susu dan kopi secara khusus di minuman ini karena nantinya tidak akan tercipta latte art seperti pada sajian panas.

Pertama cukup masukkan terlebih dahulu susu ke dalam gelas kemudian tambahkan es batu secukupnya, jangan terlalu banyak karena bisa membuat hambar. Setelah itu, tambahkan satu atau dua shot espresso ke dalamnya kemudian aduk hingga merata. Tinggal tambahkan whipped cream di bagian teratas lalu hias dengan bubuk cokelat atau gula aren untuk mempercantik.

Dengan cara membuat cappuccino di atas, kini tidak perlu lagi pergi ke kedai kopi hanya untuk menikmati satu cangkir cappuccino. Anda bahkan bisa menyajikan menu ini pada orang yang Anda sayang untuk menunjukkan rasa cinta.